twitter
rss

Hukum Moore

Hukum Moore adalah salah satu hukum yang terkenal dalam industri mikroprosesor yang menjelaskan tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor. Diperkenalkan oleh Gordon E. Moore salah satu pendiri Intel. Ia mengatakan bahwa pertumbuhan kecepatan perhitungan mikroprosesor mengikuti rumusan eksponensial.
Perkembangan teknologi dewasa ini menjadikan HUKUM MOORE semakin tidak Relevan untuk meramalkan kecepatan mikroprossesor. Hukum Moore, yang menyatakan bahwa kompleksitas sebuah mikroprosesor akan meningkat dua kali lipat tiap 18 bulan sekali, sekarang semakin dekat kearah jenuh. Hal ini semakin nyata setelah Intel secara resmi memulai arsitektur prosesornya dengan code Nehalem. Prosesor ini akan mulai menerapkan teknik teknologi nano dalam pembuatan prosesor, sehingga tidak membutuhkan waktu selama 18 bulan untuk melihat peningkatan kompleksitas tapi akan lebih singkat Akan tetapi, saat ini Hukum Moore telah dijadikan target dan tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan industri semikonduktor. Peneliti di industri prosesor berusaha mewujudkan Hukum Moore dalam pengembangan produknya. Industri material semikonduktor terus menyempurnakan produk material yang dibutuhkan prosesor, dan aplikasi komputer dan telekomunikasi berkembang pesat seiring dikeluarkannya prosesor yang memiliki kemampuan semakin tinggi. Secara tidak langsung, Hukum Moore menjadi umpan balik (feedback) untuk mengendalikan laju peningkatan jumlah transistor pada keping IC. Hukum Moore telah mengendalikan semua orang untuk bersama-sama mengembangkan prosesor. Terlepas dari alasan-alasan tersebut, pemakaian transistor akan terus meningkat hingga ditemukannya teknologi yang lebih efektif dan efisien yang akan menggeser mekanisme kerja transistor sebagaimana yang dipakai saat ini. Meskipun Gordon Moore bukanlah penemu transistor atau IC, gagasan yang dilontarkannya mengenai kecenderungan peningkatan pemakaian jumlah transistor pada IC telah memberikan sumbangan besar bagi kemajuan teknologi informasi. Tanpa jasa Moore mungkin kita belum bisa menikmati komputer berkecepatan 3GHz seperti saat Review : Pada tahun 1965 Gordon Moore dari Bell Labs mencatatat, jumlah transistor pada sebuah chip meningkat 2X lipat setiap 18-24 bulan. Karena itu kemudian dia membuat prediksi bahwa: TEKNOLOGI SEMICONDUKTOR AKAN BERLIPAT DUAKALI KEEFEKTIFITASANNYA SETIAP 18 BULAN (terjemahan ) sekarang kita lihat apa saja yang terus mengikuti Hukum moore: 1. Jumlah transistor dari Microprosesor INTEL 4004 (2300 Trans.) sampai dengan Pentium IV (42 juta Transistor) terlihat double setiap 2 tahun. dan diprediksi tahun 2010 akan ada 1 milyar transistor dalam satu chip (mungkin Pentium VI kali ya). 2. Microprocessor hampir setiap 1,96 tahun keluar microprocessor baru dengan jumlah Transistor 2X lipat. 3. Besarnya Ukuran Die/Chip/Dice tumbuh 7%/tahun atau 14% per dua tahun (2X lipat setiap 10 tahun) ini memang agak tidak mengikuti Hukum moore 4. frequensi Clock dari 4004 (800 kHz) s/d Pentium IV (2.8 GHz), terlihat double setiap 2 tahun (sayang grafiknya gak bisa tak tampilin, tapi bisa dilihat di website Intel) 5. Disipasi Daya Trend-nya ikut naik seiring perkembangan mikroprosesor, dan ini akan menjadi Major Problem dalam IC Design. karena s/d Pentium IV, power density sudah mencapai 10W/cm2, kalau melihat grafiknya, diperkirakan bisa naik sampai dengan 50W/cm2 (Hot Plate), atau diatas 100W/cm2 (Nuclear Reactor) atau malah 1000W/cm2 (rocket nozzle) pada 2010 keatas. 6. DRAM berkembang dari tahun 1980 (84 Kbit)/sebesar halaman. kemudian sebesar Buku (lbkr 7000 Kbit), hingga sebesar ensiklopedia, lbkr. 1 jt Kbit/1024MByte (2 jam Audio CD)/30 Sec. HDTV di tahun 2002 sampai diperkirakan dengan melihat grafiknya, bisa sampai sebesar Human memory/human DNA yaitu 64juta KBit (berapa MB?) di thn 2010. DRAM berkembang 4X lipat setiap 3 Tahun. 7. Cell Phone dari 48Million (1996)-86M (1997)-162M(1998)-260M (1999) sampai 435M (2000)...atau naik 2X tiap 1 thn sampai kapan hukum moore akan terus berlaku... keuntungan dari semua diatas; 1. teknologi menyusut 0.7/generasi 2. tiap generasi dapat mengintegrasikan 2X lebih banyak fungsi per chip sehingga biaya tidak naik 3. Cost of function decrease by 2X TETAPI Bagaimana merancang CHIP dengan makin banyak fungsi sementara Engineer Elektronika tidak naik 2X lipat setiap 2 tahun??? bisa kita lihat dari data INTEL 1997 untuk merancang uP (400MHz/13juta Transistor) membutuhkan 210 IC design Engineer. 1997 untuk merancang uP (500MHz/20juta Transistor) membutuhkan 270 IC design Engineer 1999 untuk merancang uP (600MHz/32juta Transistor) membutuhkan 360 IC design Engineer 2002 untuk merancang uP (800MHz/130juta Transistor) membutuhkan 800 IC design Engineer sumber : http://www.te.ugm.ac.id/forum/viewtopic.php?f=12&t=1451 wikipedia


Hukum Moore
Hukum Moore adalah salah satu hukum yang terkenal dalam industri mikroprosesor yang menjelaskan tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor. Diperkenalkan oleh Gordon E. Moore salah satu pendiri Intel. Ia mengatakan bahwa pertumbuhan kecepatan perhitungan mikroprosesor mengikuti rumusan eksponensial.
Perkembangan teknologi dewasa ini menjadikan HUKUM MOORE semakin tidak Relevan untuk meramalkan kecepatan mikroprossesor. Hukum Moore, yang menyatakan bahwa kompleksitas sebuah mikroprosesor akan meningkat dua kali lipat tiap 18 bulan sekali, sekarang semakin dekat kearah jenuh. Hal ini semakin nyata setelah Intel secara resmi memulai arsitektur prosesornya dengan code Nehalem. Prosesor ini akan mulai menerapkan teknik teknologi nano dalam pembuatan prosesor, sehingga tidak membutuhkan waktu selama 18 bulan untuk melihat peningkatan kompleksitas tapi akan lebih singkat Akan tetapi, saat ini Hukum Moore telah dijadikan target dan tujuan yang ingin dicapai dalam pengembangan industri semikonduktor. Peneliti di industri prosesor berusaha mewujudkan Hukum Moore dalam pengembangan produknya. Industri material semikonduktor terus menyempurnakan produk material yang dibutuhkan prosesor, dan aplikasi komputer dan telekomunikasi berkembang pesat seiring dikeluarkannya prosesor yang memiliki kemampuan semakin tinggi. Secara tidak langsung, Hukum Moore menjadi umpan balik (feedback) untuk mengendalikan laju peningkatan jumlah transistor pada keping IC. Hukum Moore telah mengendalikan semua orang untuk bersama-sama mengembangkan prosesor. Terlepas dari alasan-alasan tersebut, pemakaian transistor akan terus meningkat hingga ditemukannya teknologi yang lebih efektif dan efisien yang akan menggeser mekanisme kerja transistor sebagaimana yang dipakai saat ini. Meskipun Gordon Moore bukanlah penemu transistor atau IC, gagasan yang dilontarkannya mengenai kecenderungan peningkatan pemakaian jumlah transistor pada IC telah memberikan sumbangan besar bagi kemajuan teknologi informasi. Tanpa jasa Moore mungkin kita belum bisa menikmati komputer berkecepatan 3GHz seperti saat Review : Pada tahun 1965 Gordon Moore dari Bell Labs mencatatat, jumlah transistor pada sebuah chip meningkat 2X lipat setiap 18-24 bulan. Karena itu kemudian dia membuat prediksi bahwa: TEKNOLOGI SEMICONDUKTOR AKAN BERLIPAT DUAKALI KEEFEKTIFITASANNYA SETIAP 18 BULAN (terjemahan ) sekarang kita lihat apa saja yang terus mengikuti Hukum moore: 1. Jumlah transistor dari Microprosesor INTEL 4004 (2300 Trans.) sampai dengan Pentium IV (42 juta Transistor) terlihat double setiap 2 tahun. dan diprediksi tahun 2010 akan ada 1 milyar transistor dalam satu chip (mungkin Pentium VI kali ya). 2. Microprocessor hampir setiap 1,96 tahun keluar microprocessor baru dengan jumlah Transistor 2X lipat. 3. Besarnya Ukuran Die/Chip/Dice tumbuh 7%/tahun atau 14% per dua tahun (2X lipat setiap 10 tahun) ini memang agak tidak mengikuti Hukum moore 4. frequensi Clock dari 4004 (800 kHz) s/d Pentium IV (2.8 GHz), terlihat double setiap 2 tahun (sayang grafiknya gak bisa tak tampilin, tapi bisa dilihat di website Intel) 5. Disipasi Daya Trend-nya ikut naik seiring perkembangan mikroprosesor, dan ini akan menjadi Major Problem dalam IC Design. karena s/d Pentium IV, power density sudah mencapai 10W/cm2, kalau melihat grafiknya, diperkirakan bisa naik sampai dengan 50W/cm2 (Hot Plate), atau diatas 100W/cm2 (Nuclear Reactor) atau malah 1000W/cm2 (rocket nozzle) pada 2010 keatas. 6. DRAM berkembang dari tahun 1980 (84 Kbit)/sebesar halaman. kemudian sebesar Buku (lbkr 7000 Kbit), hingga sebesar ensiklopedia, lbkr. 1 jt Kbit/1024MByte (2 jam Audio CD)/30 Sec. HDTV di tahun 2002 sampai diperkirakan dengan melihat grafiknya, bisa sampai sebesar Human memory/human DNA yaitu 64juta KBit (berapa MB?) di thn 2010. DRAM berkembang 4X lipat setiap 3 Tahun. 7. Cell Phone dari 48Million (1996)-86M (1997)-162M(1998)-260M (1999) sampai 435M (2000)...atau naik 2X tiap 1 thn sampai kapan hukum moore akan terus berlaku... keuntungan dari semua diatas; 1. teknologi menyusut 0.7/generasi 2. tiap generasi dapat mengintegrasikan 2X lebih banyak fungsi per chip sehingga biaya tidak naik 3. Cost of function decrease by 2X TETAPI Bagaimana merancang CHIP dengan makin banyak fungsi sementara Engineer Elektronika tidak naik 2X lipat setiap 2 tahun??? bisa kita lihat dari data INTEL 1997 untuk merancang uP (400MHz/13juta Transistor) membutuhkan 210 IC design Engineer. 1997 untuk merancang uP (500MHz/20juta Transistor) membutuhkan 270 IC design Engineer 1999 untuk merancang uP (600MHz/32juta Transistor) membutuhkan 360 IC design Engineer 2002 untuk merancang uP (800MHz/130juta Transistor) membutuhkan 800 IC design Engineer sumber : http://www.te.ugm.ac.id/forum/viewtopic.php?f=12&t=1451 wikipedia
Read More …
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Pengerian Piranti I/O Jenis komunikasi modul I/O yg dilakukan oleh fungsi komunikasi antara CPU dan modul I/O meliputi : 1. Command Decoding, yaitu modul I/O menerima perintah – perintah dari CPU yang dikirimkan sebagai sinyal bagi bus kontrol. Misalnya, sebuah modul I/O untuk disk dapat menerima perintah: Read sector, Scan record ID, Format disk. 2. Data, pertukaran data antara CPU dan modul I/O melalui bus data. 3. Status Reporting, yaitu pelaporan kondisi status modul I/O maupun perangkat peripheral, umumnya berupa status kondisi Busy atau Ready. Juga status bermacam – macam kondisi kesalahan (error). 4. Address Recognition, bahwa peralatan atau komponen penyusun komputer dapat dihubungi atau dipanggil maka harus memiliki alamat yang unik, begitu pula pada perangkat peripheral, sehingga setiap modul I/O harus mengetahui alamat peripheral yang dikontrolnya. Cara Kerja Piranti Cara-cara dari tiap komponen yang menyusun komputer saling berkaitan • Piranti masukan (input device) • Piranti keluaran (output device) • Input/Output (I/O) Port • CPU (Central Processing Unit) • Memory • Data Bus Jenis - Jenis Piranti I/O Port I/O adalah gerbang konektor input/output pada computer seperti pada keyboard, mouse paralle/serial ataupun USB. Port I/O juga berguna untuk menghubungkan perangkat elektronik diluar komputer seperti seperti printer scanner, serta barcode reader. jenisnya adalah : Port paralel (DB-25) adalah salah satu jenis soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti printer model lama.

Serial port adalah serial komunikasi melalui antart muka atau fisik yang transfer informasi atau memperkecil pada satu bit pada satu waktu atau kontras paralel port.
Port Universal Serial Bus (USB) : Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga 12 megabit per detik.
Port Ps 2 : di gunakan untuk menghubungkan beberapa keyboard dan mouse ke PC kompatibel dengan sistem komputer.
Port VGA : komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer.
Blok Diagram Piranti I/O
Antarmuka modul I/O ke CPU melalui bus sistem komputer terdapat tiga saluran, yaitu saluran data, saluran alamat dan saluran kontrol. Bagian terpenting adalah blok logika I/O yang berhubungan dengan semua peralatan antarmuka peripheral, terdapat fungsi pengaturan dan switching pada blok ini. Istilah Penting Dalam Piranti I/O I/O = I/O (Input/Output) hardware -> perangkat keras device = device storage device -> device penyimpanan disk = disk transmission = transmission processor -> prosesor human-interface device = human-interface device instruction -> instruksi direct I/O instruction = direct I/O instruction memory-mapped I/O = memory-mapped I/O port = port (perangkat keras) bus = bus (perangkat keras) daisy chain = daisy chain shared direct access = shared direct access controller = controller host adapter = host adapter command-ready =command-ready busy = busy error = error host = host polling = polling looping = looping status register -> register status service = service CPU processing = CPU processing Interrupt -> Interupsi Contoh - Contoh Piranti I/O Piranti masukan berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan atau perintah dari luar . Contoh: Keyboard, mouse, touch screen, scanner, kamera, dll Piranti keluaran Berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan atau menampilkan keluaran dari hasil pengolahan data. Contoh: monitor, speaker, printer, dan lain-lain. Input/output port Media penghubung (interface) untuk menerima dan mengirim data. Contoh: USB Port, Serial Port, dan lain-lain. Sumber : http://fiyaphyong.blogspot.com/2010/12/cara-piranti-piranti-io-mentransfer.html http://fujhyzhu.wordpress.com/2010/01/17/macam-macam-port-pc/ http://www.google.co.id/search?q=diagram+dan+penjelasan+piranti+i%2Fo&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a http://expolusion.blogspot.com/2010/02/pengertian-iodisk-serta-daftar2-istilah.html


Pengerian Piranti I/O Jenis komunikasi modul I/O yg dilakukan oleh fungsi komunikasi antara CPU dan modul I/O meliputi : 1. Command Decoding, yaitu modul I/O menerima perintah – perintah dari CPU yang dikirimkan sebagai sinyal bagi bus kontrol. Misalnya, sebuah modul I/O untuk disk dapat menerima perintah: Read sector, Scan record ID, Format disk. 2. Data, pertukaran data antara CPU dan modul I/O melalui bus data. 3. Status Reporting, yaitu pelaporan kondisi status modul I/O maupun perangkat peripheral, umumnya berupa status kondisi Busy atau Ready. Juga status bermacam – macam kondisi kesalahan (error). 4. Address Recognition, bahwa peralatan atau komponen penyusun komputer dapat dihubungi atau dipanggil maka harus memiliki alamat yang unik, begitu pula pada perangkat peripheral, sehingga setiap modul I/O harus mengetahui alamat peripheral yang dikontrolnya. Cara Kerja Piranti Cara-cara dari tiap komponen yang menyusun komputer saling berkaitan • Piranti masukan (input device) • Piranti keluaran (output device) • Input/Output (I/O) Port • CPU (Central Processing Unit) • Memory • Data Bus Jenis - Jenis Piranti I/O Port I/O adalah gerbang konektor input/output pada computer seperti pada keyboard, mouse paralle/serial ataupun USB. Port I/O juga berguna untuk menghubungkan perangkat elektronik diluar komputer seperti seperti printer scanner, serta barcode reader. jenisnya adalah : Port paralel (DB-25) adalah salah satu jenis soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti printer model lama.
Serial port adalah serial komunikasi melalui antart muka atau fisik yang transfer informasi atau memperkecil pada satu bit pada satu waktu atau kontras paralel port.
Port Universal Serial Bus (USB) : Sebuah bus I/O (input/output) yang dapat mentransfer data hingga 12 megabit per detik.
Port Ps 2 : di gunakan untuk menghubungkan beberapa keyboard dan mouse ke PC kompatibel dengan sistem komputer.
Port VGA : komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer.
Blok Diagram Piranti I/O
Antarmuka modul I/O ke CPU melalui bus sistem komputer terdapat tiga saluran, yaitu saluran data, saluran alamat dan saluran kontrol. Bagian terpenting adalah blok logika I/O yang berhubungan dengan semua peralatan antarmuka peripheral, terdapat fungsi pengaturan dan switching pada blok ini. Istilah Penting Dalam Piranti I/O I/O = I/O (Input/Output) hardware -> perangkat keras device = device storage device -> device penyimpanan disk = disk transmission = transmission processor -> prosesor human-interface device = human-interface device instruction -> instruksi direct I/O instruction = direct I/O instruction memory-mapped I/O = memory-mapped I/O port = port (perangkat keras) bus = bus (perangkat keras) daisy chain = daisy chain shared direct access = shared direct access controller = controller host adapter = host adapter command-ready =command-ready busy = busy error = error host = host polling = polling looping = looping status register -> register status service = service CPU processing = CPU processing Interrupt -> Interupsi Contoh - Contoh Piranti I/O Piranti masukan berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan atau perintah dari luar . Contoh: Keyboard, mouse, touch screen, scanner, kamera, dll Piranti keluaran Berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan atau menampilkan keluaran dari hasil pengolahan data. Contoh: monitor, speaker, printer, dan lain-lain. Input/output port Media penghubung (interface) untuk menerima dan mengirim data. Contoh: USB Port, Serial Port, dan lain-lain. Sumber : http://fiyaphyong.blogspot.com/2010/12/cara-piranti-piranti-io-mentransfer.html http://fujhyzhu.wordpress.com/2010/01/17/macam-macam-port-pc/ http://www.google.co.id/search?q=diagram+dan+penjelasan+piranti+i%2Fo&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a http://expolusion.blogspot.com/2010/02/pengertian-iodisk-serta-daftar2-istilah.html
Read More … Piranti Input Output
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer




Maka Outputnya : Jika kita isi 1 maka akan muncul "MENGHITUNG NILAI RATA-RATA" setelah itu misalnya kita isi data ke-1 = 20 ,dan data ke-2 = 20 maka akan muncul jumlah dan rata-ratanya seperti di tampilkan dibawah ini.



jika ingin mengisi 2, maka akan muncul "MENGHITUNG BILANGAN KELIPATAN 4". misal Nilai Awal = 1, dan Nilai Akhir = 20. maka muncul seperti picture d bawah ini:





Maka Outputnya : Jika kita isi 1 maka akan muncul "MENGHITUNG NILAI RATA-RATA" setelah itu misalnya kita isi data ke-1 = 20 ,dan data ke-2 = 20 maka akan muncul jumlah dan rata-ratanya seperti di tampilkan dibawah ini.



jika ingin mengisi 2, maka akan muncul "MENGHITUNG BILANGAN KELIPATAN 4". misal Nilai Awal = 1, dan Nilai Akhir = 20. maka muncul seperti picture d bawah ini:

Read More … Membuat MENU PILIHAN
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Jumlah Bintang ke_1.

Codingnya:


setelah itu kan muncul gambar seprti di bawah ini,kemudian diisi misallkan kita isi 5 bintang....
maka outputnya seperti di bawah ini..


Outputnya...



Jumlah Bintang ke_2.

Codingnya:


maka akan muncul inputan...


Outputnya...


Jumlah Bintang ke_3.

Codingnya:


maka akan muncul inputan...


Outputnya...


Jumlah Bintang ke_4.

Codingnya:


maka akan muncul inputan...


Outputnya...



Jumlah Bintang ke_5.

Codingnya...


maka akan muncul inputan...


outputnya...




Jumlah Bintang ke_6.

Codingnya:


lanjutan yang di atas


Outputnya...


Jumlah Bintang ke_1.

Codingnya:


setelah itu kan muncul gambar seprti di bawah ini,kemudian diisi misallkan kita isi 5 bintang....
maka outputnya seperti di bawah ini..


Outputnya...



Jumlah Bintang ke_2.

Codingnya:


maka akan muncul inputan...


Outputnya...


Jumlah Bintang ke_3.

Codingnya:


maka akan muncul inputan...


Outputnya...


Jumlah Bintang ke_4.

Codingnya:


maka akan muncul inputan...


Outputnya...



Jumlah Bintang ke_5.

Codingnya...


maka akan muncul inputan...


outputnya...




Jumlah Bintang ke_6.

Codingnya:


lanjutan yang di atas


Outputnya...

Read More … Jumlah Bintang
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Codingnya:


Outputnya...

Array 1 Dimensi Dengan Inputan..
Codingnya:

Outputnya...


Codingnya:

Outputnya...

Array 1 Dimensi Dengan Inputan..
Codingnya:

Outputnya...
Read More … Array 2 Dimensi
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Codingnya:


Outputnya...

While Dengan Jumlah..
codingnya:

Outputnya...


Codingnya:

Outputnya...

While Dengan Jumlah..
codingnya:

Outputnya...
Read More … Contoh Coding Java dengan konsep WHILE
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Codingnya:


Outputnya:

For dengan inputan..
codingnya:

outputnya:


Codingnya:

Outputnya:

For dengan inputan..
codingnya:

outputnya:
Read More … Contoh Coding Java dengan konsep FOR
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer